• Wed. Dec 1st, 2021

5 Kuliner Wajib Destinasi Wisata Super Prioritas

Byadmin

Oct 12, 2021
Kuliner Wajib Destinasi Wisata Super Prioritas

Salah satu tujuan ketika berwisata adalah menikmati kuliner khas yang ada di daerah tersebut. destinasi wisata super prioritas juga memiliki kuliner khas yang menjadi pendukung promosi pariwisata di daerah mereka.

Dengan citarasa lokalnya yang khas, kuliner daerah nggak hanya bisa menarik perhatian pecinta makanan dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri. Makanan khas tersebut bukan cuma sekadar pengisi perut saja tetapi sudah menjadi warisan budaya yang perlu dipertahankan.

Kuliner Khas Destinasi Wisata Super Prioritas

Setiap daerah pasti memiliki kuliner khas yang wajib dicoba. Di bawah ini akan dijelaskan makanan khas dari tiap daerah wisata super prioritas. Memang tiap daerah ini mempunyai lebih dari satu makanan khas, tapi hanya akan ada satu yang dibahas untuk mewakili semua makanan yang ada.

  • Ayam Taliwang

Selain sate Rembiga, Ayam Rarang dan Ares, Mandalika juga terkenal dengan kuliner yang bernama Ayam Taliwang. Aroma khas yang menguar dari olahan ayam kampung ini adalah proses memasaknya yang masih memakai kayu nangka maupun kayu kopi.

Hal ini membuat ayam memiliki aroma yang berbeda ketika disajikan dalam keadaan goreng maupun bakar. Perpaduan rasa pedas, gurih dan manis didapatkan dari racikan cabai, bawang merah, tomat dan terasi.

Ayam Taliwang juga umumnya disajikan bersama dengan Plecing Kangkung. Kedua sajian ini akan membuat lidah siapapun yang menyantapnya akan menari dan selalu kembali untuk menikmati citarasa satu ini.

  • Naniura

Ternyata sajian ikan tanpa dimasak tidak hanya dimiliki oleh masyarakat Jepang saja. Di Danau Toba juga terdapat makanan mirip sashimi, yaitu ikan yang disajikan tanpa dimasak. Masakan ini bernama Naniura.

Proses mematangkan ikan menggunakan campuran air asam jungga atau jeruk purut. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan mas. Ikan ini akan direndam menggunakan air asam dalam waktu tertentu setelah dibersihkan. Baru setelah waktu yang ditentukan, ikan akan diguyur dengan bumbu rahasia yang menjadikan citarasa masakan ini berbeda.

Karena tidak melalui pematangan dengan api, maka daging ikan masih terasa kenyal dan lembut. Ditambah rasa kecombrang dan andaliman yang membuat nafsu makan selalu meningkat tiap menyantap hidangan satu ini.

Kuliner lainnya dari destinasi prioritas Indonesia satu ini yang juga layak untuk dicoba adalah Mie Gomak, Sambal Tuktuk, Daun Ubi Tumbuk, hingga Ikan Arsik.

  • Bubur Tinutuan

Bubur sayuran yang satu ini memang lebih terkenal dengan nama Bubur Manado. Walau demikian, di Likupang juga terdapat sajian bubur yang dilengkapi dengan kangkung, bayam, jagung hingga ubi-ubian.

Hal lain dari bubur satu ini adalah taburan yang bermacam-macam. Tiap tempat makan umumnya memiliki taburan tertentu yang disajikan, mulai dari sambal roa, jambal asin kering, ikan cakalang maupun bahan lainnya.

Selain Bubur Tinutuan, makanan lain yang juga khas dari daerah ini adalah Cakalang Fufu, Panda, Lalampa dan masih banyak lainnya.

  • Kupat Tahu

Kupat Tahu yang ada di sekitar Magelang, tepatnya di sekitar Candi Borobudur berbeda dengan Tahu Kupat yang umum ada di daerah Jawa Tengah lainnya. Jika Tahu Kupat menggunakan kuah kecap encer dengan rasa sedikit asam dari cuka, tetapi Kupat Tahu Magelang menggunakan kuah sambal kacang yang gurih.

Tapi untuk isian, keduanya memiliki isian yang sama yaitu, kupat, tahu goreng, tauge, kol dan mi kuning. Ada pula potongan gorengan yang umumnya adalah bakwan atau bala-bala. Selain Kupat Tahu, wisatawan juga dapat menikmati kuliner khas lainnya yang bernama Wedang Kacang.

Wedang artinya adalah minuman hangat. Jadi Wedang Kacang adalah minuman hangat yang berisikan kacang.

Kacang yang digunakan adalah kacang polong yang disajikan bersama wedang jahe ditambah gula merah serta gula batu.

  • Se’i

Sajian daging asap yang lezat dari Labuan Bajo ini sangat terkenal. Tentunya hal tersebut tidak mengejutkan mengingat citarasanya yang ngangeni. Daging yang digunakan umumnya adalah sapi, tapi beberapa juga menyajikan se’i dengan daging ayam, ikan maupun babi.

Dalam satu porsi se’i, biasanya juga disajikan olahan bunga pepaya dan sambal. Jika sudah kamu sudah pernah mencoba se’i, maka boleh juga mencicipi kuliner khas lainnya yaitu Nasi Kolo, Jagung Bose dan masih banyak lagi lainnya.

Selain tempat wisata dengan pemandangan yang menawan, destinasi wisata super prioritas yang merupakan bagian program dari https://www.kemenparekraf.go.id/ juga menyuguhkan berbagai jenis kuliner daerah yang patut dicoba. Sensasi makan makanan khas di tengah liburan pasti sangat menyenangkan. Jadi, kamu mau coba yang mana?

Related Post