• Sun. Sep 19th, 2021

hitnerwine.com

Jalan menuju sebuah kesuksesan

Punya Mesin Espresso Otomatis? Berikut Tips Menggunakan dan Merawatnya!

Byadmin

Jul 27, 2021
Punya Mesin Espresso Otomatis? Berikut Tips Menggunakan dan Merawatnya!

Menikmati secangkir espresso di pagi hari menjadi salah satu kebiasaan para pecinta kopi. Rasa espresso yang cenderung lebih kuat dibandingkan kopi lain dianggap cocok untuk menumbuhkan energi sebelum beraktivitas. Nah, untuk Anda pecinta espresso, kini sudah ada mesin espresso otomatis dari Dolce Gusto yang bisa memudahkan Anda.

Dengan mesin otomatis ini, memang, membuat secangkir espresso nikmat bisa dilakukan dengan lebih mudah. Namun, perlu diketahui ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan espresso yang nikmat tersebut. Selain itu, Anda juga harus melakukan perawatan yang tepat pada mesin espresso agar tidak mudah rusak.

Tips Menggunakan Mesin Espresso

Untuk menghasilkan secangkir espresso yang nikmat, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan perihal menggunakan mesin espresso tersebut. Adapun beberapa tips yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengatur jumlah biji kopi

Hal paling awal untuk membuat espresso yang nikmat adalah menentukan jumlah atau takaran dari biji kopi yang hendak digunakan. Dalam hal ini, kopi espresso cenderung menggunakan biji kopi yang lebih sedikit daripada jenis kopi lain. Oleh karenanya, jangan menggunakan biji terlalu banyak agar espresso yang dihasilkan tidak terlalu pahit.

  • Atur gilingan yang tepat

Jika Anda hendak membuat espresso dengan biji kopi yang masih utuh, maka Anda harus mengatur gilingan kopi yang tepat. Ukuran gilingan kopi nantinya akan sangat berpengaruh pada ekstraksi kopi yang akan terjadi. Selain itu, perlu digaris bawahi jika perbedaan teknik seduh kopi memerlukan ukuran gilingan kopi yang berbeda.

Untuk membuat espresso, profil gilingan yang diperlukan adalah cenderung halus. Dengan ukuran gilingan kopi yang lebih halus, ekstraksi akan cenderung lebih maksimal sehingga dihasilkan espresso yang lebih kuat.

  • Mengukur volume air

Selain gilingan, volume air juga merupakan hal penting untuk diperhatikan untuk membuat espresso yang nikmat. Nah, terkait volume air, mesin espresso bisa memiliki spesifikasi yang berbeda serta volume air juga berpengaruh pada profile espresso.

Misalnya saja, volume air 15 ml digunakan untuk membuat one shot espresso. Sedangkan volume air 30 ml digunakan untuk membuat double shot. Anda bisa memilih mana jenis espresso yang akan dibuat.

Dengan detail di atas, tentu Anda bisa membuat secangkir espresso yang nikmat. Cobalah beberapa teknik untuk menemukan takaran yang pas.

Cara Merawat Mesin Espresso

Sebagaimana disinggung sebelumnya, perawatan pada mesin espresso cenderung penting untuk dilakukan agar mesin senantiasa baik dan lebih awet. Nah, perawatan yang perlu dilakukan sebenarnya cukup simple, yaitu:

  • Pisahkan brew basket serta filter dan bersihkan ampas yang tersisa dari proses pembuatan espresso
  • Siram menggunakan air panas serta sabun untuk menghilangkan minyak yang menempel
  • Cuci komponen mesin espresso untuk membersihkannya dan bilas dengan air hangat
  • Keringkan seluruh komponen sebelum dipasang kembali

Dengan perawatan di atas, tentu Anda akan memiliki sebuah mesin espresso yang siap digunakan kapan saja. Semoga bermanfaat.